• Taman Nasional Komodo
  • Taman laut Maumere
  • Tradisi Pasola Sumba
  • Danau Tiga Warna Kelimutu
  • Tradisi Perburuan Ikan Paus di Desa Lamalera
×

Warning

Failed loading XML file

Tenunan NTT Luar Biasa

Published: Monday, 01 December 2014

"Saya sangat tertarik dengan seluruh Khazanah Budaya NTT. Tenun NTT merupakan salah satu Tenun Terkaya di Indonesia, mungkin di dunia. Bayangkan lebih dari 22 Kabupaten punya Desain yang berbeda. Satu Kabupaten memiliki Variasi Desain sampai sepuluh. Bagai mana ada negeri yang seperti itu, Cuma di NTT dan NTT luar biasa.semua tenunan Bagus, saya sampai bingung.”

Demikian disampaikan istri Deputi Gubernur Senior bank Indonesia, Nyonya Arulita Adityaswara, Ketika Mengunjungi Rumah kerajinan NTT di Kupang ,Sabtu(29/11/2014) pagi.

Ia mengatakan, tenunan khas NTT dan anyamannya bagus dan sangat beragam. Bahkan ia tidak bisa berkata-kata lagi karena tenun dengan motifnya yang terpanjang di tempat ini, Luar biasa.

“saya pecinta tekstil, bila bila kedaerah mana saja pasti yang saya cari terlebih Dahulu adalah Tekstilnya. Namun membuat saya terkagum dan bingung. Sungguh sangat Bagus,” tuturnya.

Kedatangan nyonya Arulita yang Didampingi istri Kepala Bank Indonesia (BI) Ntt, inasinaga, istri Deputi Perwakilan BI NTT, Mertha Ardianingsih, dan istri kepala Otoritas jasa Keuangan, Henni meini, beserta rombongan disambut oleh ketua Dekranasda Nyonya lusia adinda lebu Raya.

Nyonya lusia mengaku senang menyambut kedatangan Deputi Gubernur senior BI dan ibu dating Ke NTT. Ia berharap Kunjungan tidak di Kabupaten lain yang belum belum dikunjungi.

Program-program rumah kerajinan NTT, kata nyonya lusia, tidak hanya kerajinan saja, tapi juga anyaman-anyaman yang pernah mendapatkan unesco Award. Pelatihan-pelatihan Tenun ikat dan pencelupan sering dilakukan.

“ Saya berharap tahun depan akan digelar Karnaval Bertaraf Internasional Khusus untuk etnik NTT, seperti kuta Negara karnaval, Banyuwangi Karnaval dan lainya. NTT juga akan melakukan itu,” tuturnya. Mengenai sekolah tenun, ia telah memiliki mimpi sejak 12 tahun lalu untuk membuka sekolah tersebut.

Ia berencana, tahun depan sudah bisa terealisasi. Sekolah tenun diperuntukkan tak hanya bagi mereka yang sudah menyelesaikan studinya di bangku sekolah menegah atas, tapi juga untuk anak-anak yang putus sekolah.

Poskup-Senin, 1 Desember 2014

Hits: 888

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today814
Yesterday928
This week4141
This month17679
Total1390436
Friday, 19 July 2019

Informasi Cuaca

Kupang