• Taman Nasional Komodo
  • Taman laut Maumere
  • Tradisi Pasola Sumba
  • Danau Tiga Warna Kelimutu
  • Tradisi Perburuan Ikan Paus di Desa Lamalera
×

Warning

Failed loading XML file

Promosikan Tenunan Ikat NTT Secara Konsisten

Published: Tuesday, 02 December 2014

“Saya kagum dengan kekayaan motif tenun ikat NTT. Terdapat 22kabupaten/kota di NTT, namun motif tenun ikat yang ada di Daerah ini jauh lebih banyak dari jumlah Kabupatenya. Saya yakin, saya yakin jika tenun ikat ini dipromokasikan secara konsisten dan masuk ke dalam rantai distribusi ekspor luar negeri, tenun ikat NTT bisa menjadi penghasil devisa yang cukup besar."

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara, mengatakan hal ini, pada acara peresmian kampung tenun binaan BI di naikoten Kupang,Sabtu (29/11/2014).

Ia menyampaikan, empat rumah tenun yang diresmikan itu bagian dari program social BI untuk masyarakat NTT. Selain menyediakan tempat, BI juga membina para perajin dan memberikan pendampingan kepada kelompok untuk pengelolah keuangan.

Ia berharap, kedepan,kelompok bisa mandiri dan memiliki akses perbankan untuk mendapatkan modal yang lebih besar. Selain pembinaan rumah tenun ikat sebagai program iconic, program social lainya yang dilakukan di BI di NTT, adalah beasiswa dan pembentukan kelaster sapid an beras di beberapa kabupaten seperti malaka dan manggarai barat.

Walikota kupang, Yonas Salean menyampaikan terimakasih kepada BI yang telah membantu masyarakat Kupang. Dengan harapan warga hidup di lingkungan yang sehat dan bisa lebih bebas berkarya untuk meningkatkan taraf Hidupnya.

Gubernur NTT, frans lebu raya mengapresiasi langkah yang di tempuh BI dalam memberikan perhatian kepada warga NTT, terutama Pelaku UMKM. Tenun ikat di NTT dulu hanya punya fungsi social Budaya, digunakan untuk urusan adat seperti pernikahan dan kematian saja, kini, dengan perkembangan Zaman tenun ikat semakin bernilai ekonomis dan semakin dikenal. Menurutnya, pengembangan promosi tenun ikat sejalan dengan tekat pemerintah provinsi untuk menjadikan NTT sebagai Privinsi Pariwisata.

Poskup-Selasa, 2 Desember 2014

Hits: 1077

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today807
Yesterday928
This week4134
This month17672
Total1390429
Friday, 19 July 2019

Informasi Cuaca

Kupang