• Taman Nasional Komodo
  • Taman laut Maumere
  • Tradisi Pasola Sumba
  • Danau Tiga Warna Kelimutu
  • Tradisi Perburuan Ikan Paus di Desa Lamalera
×

Warning

Failed loading XML file

Berburu Terumbu Karang Terindah di Dunia

Published: Wednesday, 17 December 2014

Ria Qorina Lubis terpikat pesona taman bawah laut Alor. Cerita keindahan bawah laut Alor itu tidak lagi isapan jempol setelah Ria memotret trumbu karang di taman bawah laut Alor. Bagi Ria, trumbu karang taman bawah laut Alor merupakan trumbu karang tercantik di dunia. Oh, fantastic! Datang ke Alor sekarang juga!

“ALAM bawah laut Alor sangat fantastic. Lautnya sangat jernih, arusnya kencang, banyak koral warna-warni terdapat di bawah laut Alor kata Ria Qorina di Jakarta, senin (15/12/2015).

Ria merupakan satu dari Sembilan fotografer yang berasil memotret keindahan taman bawah laut Alor. Hasil jepretan Ria lalu terpilih dalam buku Alor Underwater. Selain Ria terdapat fotografer Indonesia dan macannegara lainnya. Mereka adalah Muljadi Pinneng Sulungbudi (Indonesia), William Tam (Singapura), Yuriko Chikuyama (Jepang), Dewi Wilaisono ( Indonesia), Edly Tahier (Indonesia), Gamala Hanafiah (Indonesia) dan Steven Ko (Taiwan).

Menurut Ria, trumbu karang tersubut dipenuhi bintang- bintang laut berukuran kecil. Bahkan di kedalaman sepuluh meter, bintang- bintang laut itu bias terlihat. “ Di laut Alor, di kedalaman 10 meter saja kita sudah bias menemukan bintang-bintang kecil. Luar biasa deh,” pujinya.

Gemala Hanafiah pun seirama. Ia menyebut, keindahan taman bawah laut Alor tak tertandingi. Apalagi, masyarakat di Alor juga ramah terhadap warga asing yang datang. “Alor memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Lautnya sangat jernih, koral-koral dengan beragam warna-warni yang memenuhi tebing di bawah laut,”ujarnya.

Menurutnya, hsil foto taman bawah laut Alor telah terbesar di media social. Bahkan, keindahan taman bawah laut Alor telah sampai di negri sakura, jepang.” Yang seru itu seperti Yuriko Chikumaya. Dia fotografer dari jepang, follower dari media sosialnya banyak dan karena foto-foto yang dihasilkannya juga bagus, kami undang dia. Padahal sebelumnya kami tidak saling mengenal , hanya tahu lewat media sosialnya. Hal ini otomatis bias jadi pengaruh yang oke bagi para follower akun media social milik Yuriko ,” urai Gemala.

Buakan tanpa sebab buku Alor Underwater ini di buat. Buku tersebut merupakan buah kerja sama pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan para fotografer. Buku dibuat untuk mengekspos dan memperkenalkan kecantikan laut Alor kepada seluruh dunia.

“Ada potensi yang indah, yang luar biasa di Alor yang perlu di promosikan,” kata Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, di Gedung Sapta Pesona, kementrian Pariwisata, Jakarta, kemarin.

Buku yang berisi sekitar 100 halaman ini akan dicetak sebanyak 200 eksemplar. Rencananya, buku tersebut menjadi souvenir bagi tamu-tamu kehormatan Gubernur NTT. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Alexander sena menyebut, wisata taman laut menjadi daya tarik wisatawan ke NTT. Sejumlah wisatawan macanegara hadir untuk menyelam dan menikmati taman laut di NTT.

Ia menambahkan, kunjungan wisman secara langsung ke NTT meningkat dari 46.608 oarng pada 2012 menjadi 80.810 orang di 2013. Kunjungan distributive wisman ke kabupaten / kota di NTT meningkat tajam dari 129.229 orang 2012, menjadi 179.850 orang di 2013. “Di 2014 dipredisikan penigkatannya mencapai 100.000 orang,” ujarnya.

Poskup-Selasa, 16 Desember 2014

Hits: 1250

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today674
Yesterday946
This week7214
This month25302
Total1513969
Wednesday, 20 November 2019

Informasi Cuaca

Kupang