• Taman Nasional Komodo
  • Taman laut Maumere
  • Tradisi Pasola Sumba
  • Danau Tiga Warna Kelimutu
  • Tradisi Perburuan Ikan Paus di Desa Lamalera

Bupati Flotim Promosi Semana Santa ke Portugal

Published: Thursday, 05 March 2015

Bupati Flores Timur (Flotim), Yoseph Lagadoni Herin alias Yosni bersama Uskub Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr dan Ketua DPRD Flotim, Yoseph Sani Bethan mempromosikan wisata religi perayaan Semana Santa dan Prosesi Jumat Agung atau Sesta Vera di forum Worskshop sehari di Ourum-Fatima, Portugal pekan lalu. “ Kami diundang Walikota Portugal selaku ketua santuarium Internasional untuk bersama-sama dengan 168 negara lainnya yang tergabung dalam forum itu pada forkshop sehari di Ourem-Fatima Portugal. Dalam Workshop itu saya bersama bapak Uskup dan pak ketua DPRD di berikan kesempatan untuk mempromosikan wisata religi di Flotim.

Ini kesempatan luar biasa bagi Pemerintah Kabupaten Flotim untuk mempromosikan wisata Religinya”, Kata Yosni di Larantuka, Rabu (4/3/2015) masing-masing Negara, katanya, akan saling memperkenalkan dan mempromosikan satu sama lain. Larantuka begitu pula santuarium lainnya menjadi tempat Ziarah, bukan turis dalam arti wisata. Jaddi datang bersiarah dan berdoa. Seperti di Fatima ada Lourdes dan akan saling tukar peziarah dengan larrantua.

Bupati ketika itu di dampingi Ketua DPRD Flotim, Yoseph Sani Bethan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Andreas Ratu Kedang, Kabag Humas Remon Piran dan staf lainnya. Yosni mengatakan, kabupaten Flores Timur ( Flotim), NTT-Indonesia yang memiliki wisata religius tahunan samana santa ada di larantuka.

Dan saat ini sudah masuk menjadi Santuarium Internasional. Dengan demikian laran tuka merupakan salah satu dari 168 negara yang memiliki tempat wisata religius atau sebagai tempat ziarah rohani dunia. Yosni menegaskan, kunjungan bupati,ketua dewan, bapak Uskup selama lima hari di Ourem sejak 19 februari 2015 merupakan undangan Walikota Ourem-Fatima, Portuga, Paolo Fonseca.

“Pemerintah dan DPRD Flotim dalam kunjungan itu menggunakan anggaran pemerintah, sedangkan Uskup Larantuka berangkat dengan dana sendiri yang di biayai oleh tokoh masyarakat Flotim yang juga pengusaha sukses di Jakarta, Yakob Riberu yang juga ikut dalam kunjungan itu.Selain itu rombongan bersama prwakilan dari Kemendagri RI dan Yayasan Bintang, yakni Thobias Djaji,” kata yosni.

Menurut Yosni langkah maju lainnya selain Flotim sudah masuk dalam santuarium adalah sudah ada pembicaraan kerjasama terkait pertukaran pelajar dengan guru antar Ourem dan Flotim. “Kerja sama akan di bantu oleh Fandacao Calourte Gulbenkian, dan saat ini kita akan siapkan proposalnya.

Selain itu, Universidade Nova de Lisboa juga siap menerima pelajar atau guru kita yang akan belajar disana, termasuk NGO Marques Valede Flor an Institute de Camoes yang akan memberikan beasiswa. Semua ini membutuhkan kerja sama antar pemerintah,dewan dan semua stakeholder di Flotim, “Tambah ketua DPRD Flotim, Yoseph Sani Bethan.

Nani begitu Yoseph Sani Bethan disapa mengatakan , persiapan dan kesiapan seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan DPRD dari berbagai aspek tentu akan berdampak positif dari hubungan kerja sama sister city bagi kabupaten Flotim. Ia mengatakan, Walikota Ourem-Fatima, Portugal, Paolo Fonseca, Sangat mendukung rencana aksi kerja sama sister city dengan larantuka dan menyatakan kesiapan membanttu perkenalan dan mempromosikan Flotim sebagai salah satu Santuarium Internasional pada pertemuan yang rencananya dilaksanakan April mendatang dengan Romana Tour yang merupakan Tour Wisata Rohani milik Vatikan.(iva)

Poskup-Kamis, 5 Maret 2015

Hits: 576

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today750
Yesterday1057
This week4722
This month28875
Total788826
Thursday, 22 June 2017

Informasi Cuaca

Kupang