• Taman Nasional Komodo
  • Taman laut Maumere
  • Tradisi Pasola Sumba
  • Danau Tiga Warna Kelimutu
  • Tradisi Perburuan Ikan Paus di Desa Lamalera
×

Warning

Failed loading XML file

Panitia Siapkan Rakit dan Pelampung Untuk Peziarah laut Semana Santa

Published: Monday, 30 March 2015

Mengamtisipasi terjadinya kecelakaan laut seperti taun lalu, panitia menyiapkan rakit dan pelampung. Selain itu, peserta prosesi laut sudah hharus mendaftar pada H-3. Panitia juga selektif menyiapkan armada prosei laut samana santa. “Peziarah wajib mendaftar pada H-3 untuk mengetahui jumlah peziarah dan ketersediaan armada, dan juga kelengkapan armada seperti raki dan pelampung,” kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas III Larantuka, Pariman, Selasa (24/3/2015). Ia mengatakan, pendaftaran dilakukan di lima titik posko yang dikoordinir Dinas Perhubungan Kabupaten Flores Timur, antara lain pelabuhan Larantuka, Kantor Dinas Perhubungan, Pantai Palo dan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Amagarapati.

“PPI Larantuka dan pelabuhan Larantuka disediakan untuk pendaftaran dan pemeriksaan mengenai kelainan kapal yang akan mengikuti prosesi laut samana santa. Semua kapal prosesi laut wajib daftar dan diperiksa kelayakannya. Informasi mengenai hal ini bisa langsung kepanitia darah atau melalui kami,” kata Pariman.

Pariman mengatakan, semua kapal yang telah terdaftar dan dinyatakan layak akan dilengkapi atau diberi tanda bendera kuning saat mengikuti prosesi laut. Langkah tersebut sebagai upaya untuk meminimalisir berbagai kemungkinan yang terjadi selama prosesi laut berlangsung.

“Kami akan periksa kapal mulai dari tonase/bobot kapal, identitas kapal, nakhoda, dan kelengkapan serta kelayakan kapal lainnya, termasuk jumlah peziarah yang ikut dalam kapal.

Tidak bleh naik dari tempat di luar posko yang ada,” katanya mengingatkan. Kadis Perhubungan dan Informasi Kabupaten Flotim, Benediktus Herin, yang dihubungi terkait kesiapaan panitia, khususnya seksi laut, tidak berada ditempat.

Sudah Boking Hotel

JELANG samana santa hotel-hotel di Larantuka sudah mulai dibiking Bahkan beberapa hotel besar dan kecil yang ada di Kota Larantuka sudah penuh terisi dan dipesan sejak beberapa bulan lalu. Meski begitu masih ada tersedia puluhan home stay yang siap bagi para peziarah dan wisatawan. Pantauan wartawan selama sepekan, sejumlah hotel dan penginapan di Kota Larantuka sudah banyak dipesan para peziarah Umumnya pezirah berasal dari luar Kota Larantuka, terutama Jakarta dan Bali.

Sejumlah pengelola hotel dan penginapan di Kota Larantuka saat ditemui menuturkan, sebulan bahkan setahun sebelum para peziarah sudah boking kamar. “Banyak peziarah dan wisatawan yang memesan kamar-kamar hotel dan penginapan. Bahkan ada di antaranya, selain memesan mereka jug sudah membayar uang muka sewa kamar-kamar hotel untuk mengikuti rangkaiaan perayaan samana santa,” kata seorang pelayan hotel Fortuna.

Poskup - Senin, 30 Maret 2015

Hits: 1177

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today913
Yesterday642
This week5010
This month11308
Total967312
Sunday, 17 December 2017

Informasi Cuaca

Kupang