×

Warning

Failed loading XML file

Tentang NTT

Published: Monday, 20 January 2014

Sejenak lupakan dulu kehidupan dan peradaban modern atau berbelanja di perkotaan. Mulailah berpetualang di alam terbuka yang menakjubkan di NTT, karena keindahan alamnya sungguh luar biasa, keunikan budaya, kenikmatan kulinernya, keramahtamahan masyarakatnya, serta biota laut yang indah dan makhluk purba langka.

Datang ke provinsi ini seolah Anda berada di Planet yang lain. Ya! Karena di sini Anda akan menemukan hal yang benar-benar luar biasa dan mencengangkan. Dari keindahan pantainya yang menawan, kekayaan buadaya yang sangat beragam, hingga bertemu dengan hewan purba komodo.

NTT merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 1.192 pulau, 432 pulau diantaranya sudah mempunyai nama dan sisanya sampai saat ini belum mempunyai nama. 42 pulau dihuni dan 1.150 pulau tidak dihuni, Diantara 432 pulau yang sudah bernama terdapat 4 pulau besar: Flores, Sumba, Timor dan Alor (FLOBAMORA) dan pulau-pulau kecil antara lain: Adonara, Babi, Lomblen, Pamana Besar, Panga Batang, Parmahan, Rusah, Samhila, Solor (masuk wilayah Kabupaten Flotim/ Lembata), Pulau Batang, Kisu, Lapang, Pura, Rusa, Trweng (Kabupaten Alor), Pulau Dana, Doo, Landu Manifon, Manuk, Pamana, Raijna, Rote, Sarvu, Semau (Kabupaten Kupang/ Rote Ndao), Pulau Loren, Komodo, Rinca, Sebabi, Sebayur Kecil, Sebayur Besar Serayu Besar (Wilayah Kabupaten Manggarai), Pulau Untelue (Kabupaten Ngada), Pulau Halura (Kabupaten Sumba Timur, dll.

Topografis pulau ini sangat beragam, mulai dari pegunungan, landai, hutan, laut, karang, pulau-pluau kecil yang menawan, arus berputar, gelombang yang tinggi, danau, dan sebagainya sungguh menciptakan pemandangan alam yang luar biasa. Apalagi di sini juga dilengkapi dengan wisata bahari seperti diving, fishing, surving, dan outbond.

Hampir semua pulau di wilayah NTT terdiri dari pegunungan dan perbukitan kapur. Dari sejumlah gunung yang ada terdapat gunung berapi yang masih aktif. Di pulau Flores, Sumba dan Timor terdapat kawasan padang rumput (savana) dan stepa yang luas. Pada beberapa kawasan padang rumput tersebut dipotong oleh aliran sungai-sungai.

Zona Waktu

Indonesia memiliki 3 zona waktu yang berbeda, yaitu: Waktu Indonesia bagian Barat meliputi Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Waktu Indonesia bagian Tengah meliputi Kalimantan Timur dan Selatan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, dan Waktu Indonesia bagian Timur meliputi Maluku dan Irian Jaya. Kupang memiliki perbedaan waktu 1 jam lebih cepat dari Jakarta.


Jam Kerja

Untuk wilayah Kota Kupang dan sekitarnya jam kerja dimulai pukul 07.30 pagi hingga 4 sore. Waktu istirahat antara pukul 12 hingga 1 siang. Biasanya kantor tutup pada hari Sabtu, termasuk kantor-kantor pemerintahan.

Sementara untuk kota-kota kabupaten di Nusa Tenggara Timur rata-rata jam kerja dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang, setiap hari Senin sampai Sabtu.


Jam Kerja Bank

Standar jam operasional bank mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore dari Senin hingga Jumat. Akan tetapi, ada banyak ATM beroperasi selama 24 jam dan tersedia di berbagai tempat umum seperti mall, hotel, pertokoan, kantor atau pasar.


Listrik

Fasilitas listrik sudah tersedia di seluruh Kabupaten dan Kota di NTT khususnya di perkotaan sampai ke kecamatan.

Wilayah Nusa Tenggara Timur beriklim kering yang dipengaruhi oleh angin musim. Periode musim kemarau lebih panjang, yaitu 7 bulan (Mei sampai dengan Nopember) sedangkan musim hujan hanya 5 bulan (Desember sampai dengan April). Suhu udara rata-rata 27,6° C, suhu maksimum rata-rata 29° C, dan suhu minimum rata-rata 26,1°C.

Portugis telah membuat provinsi ini memiliki peran penting karena sebelumnya NTT merupakan tempat yang terpencil dan jarang dikunjungi pendatang. Portugis juga yang telah memberi nama Pulau Timor dan Solor.

Abad ke-17, Belanda mencoba mengambil alih namun sedikit yang telah dilakukan di wilayah ini. Setelah berabad-abad, kehidupan alam liar di sini tidak berubah sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan petualangan di tempat yang eksotik dan alami.

Hits: 6566

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today745
Yesterday1337
This week2082
This month14558
Total899362
Tuesday, 17 October 2017

Informasi Cuaca

Kupang