×

Warning

Failed loading XML file

Ritual Adat Masyarakat Sumba Tengah

Published: Friday, 05 September 2014

Kehidupan masyarakat Sumba Tengah yang masih tradisional masih kental dengan nilai-nilai budaya masyarakat lokal. Berbagai ritual dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan untuk mendekatkan diri dengan alam, tuhan dan leluhur yang masih dipercayai oleh sebagian besar masyarakat. Ritual-ritual ini kaya akan nilai historis dan budaya yang sangat kental.

Bagi anda yang ingin melihat dari dekat kehidupan tradisional masyarakat Sumba, sangat disayangkan jika tidak melihat dari dekat di Sumba Tengah secara langsung. Berikut beberapa upcara dan ritual adat di Sumba Tengah sebagai berikut:

Pawolung Manu: Ritual sebagai ungkapan syukur yang di perlambangkan dengan 2 ekor ayam jantan yang di adu sebagai pertanda hasil panen di darat maupun di laut berhasil atau gagal. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Wendewa Selatan, Kecamatan Mamboro.

Tauna Usu Manua: Ritual yang menunjukkan kekerabatan Manusia dan Hewan (Ayam Hutan ) lewat mantra / mistik untuk memanggil dan memberi makan di telapak tangan manusia di rumah adat khusus. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Wendewa Selatan, Kecamatan Mamboro.

Purung Ta Kadonga Ratu: Ritual sebagai ungkapan syukur untuk mengetahui musim tanam pada tahun berjalan, berhasil atau gagalnya panen di Kabupaten Sumba Tengah. Melalui tahapan adat yang di tandai simbol adat lewat peragaan Upacara adat Purung Takadonga Ratu dengan menggunakan tombak budaya yang di sebut Loda Pari dan Mehang Karaga. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Makata Keri, Kecamatan Katikutana.

Purung Ta Liangu Marapu: Ritual sebagai Ungkapan yang di perlambangkan dengan Batu atau Emas yang akan mendatangkan Murkah atau Berkah pada hasil – hasil panen yang akan datang. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Umbu Pabal, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat yang diadakan setiap tahunnya pada bulan Oktober.

Hits: 3058

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today443
Yesterday1160
This week3708
This month8190
Total1111680
Thursday, 16 August 2018

Informasi Cuaca

Kupang