×

Warning

Failed loading XML file

Prosesi Pasola Sumba Barat Daya

Published: Wednesday, 22 January 2014

Pasola adalah salah satu atraksi budaya saling melempar kayu dari atas kuda. Atraksi ini dilakukan oleh para pria yang telah teruji keberanian dan ketangkasannya melempar kayu dari atas kuda yang di pacu kencang oleh kedua kubu yang berlawanan dalam suatu arena yang luas.

Dalam pengertian adat Marapu, pasola bukanlah sekedar tontonan melainkan sebuah ritual adat yang dipercaya bahwa darah hewan atau darah manusia yang bercucuran di arena pasola merupakan tanda kesuburan dan panen yang berlimpah yang merupakan berkah dari Sang Maha Dewa, sehingga apabila ada peserta pasola yang terluka atau meninggal dunia di arena, masyarakat menganggapnya sebagai hukuman karena pernah melanggar norma-norma adat yang telah disepakati bersama dan tidak diberikan sanksi hukum bagi yang melakukannya.

Hal yang juga menarik dari atraksi pasola ini adalah ritual-ritual adat yang dilakukan beberapa minggu sebelumnya untuk menentukan tanggal pelaksanaan pasola.

Upacara adat yang dilakukan antara lain upacara adat Kawoking atau upacara menyambut ‘Nyale” atau sebutan untuk salah satu jenis cacing laut (termasuk family eunicid) yang sering muncul di pantai-pantai laut dangkal pada bulan februari atau maret setiap tahun dan di percaya bahwa kemunculan Nyale dalam jumlah yang banyak akan menjadikan panen yang berlimpah.

Even Atraksi wisata budaya Pasola di kabupaten Sumba Barat Daya dilaksanakan pada bulan februari dan maret setiap tahun.

Hits: 1955

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today13
Yesterday1392
This week4170
This month28250
Total948897
Thursday, 23 November 2017

Informasi Cuaca

Kupang