×

Warning

Failed loading XML file

Tari Rantuk Allu di Manggarai

Published: Wednesday, 22 January 2014

Merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat manggarai. Permainan ini biasanya dimainkan pada malam hari saat bulan purnama atau setelah selesai panen padi ladang. Permainan ini biasa dimainkan oleh pemuda dan pemudi dalam satu kampong yang mendambahkan keceriaan atau kegembiraan di usia remaja.

Melalui permainan ini, mereka berkesempatan untuk saling berkenalan dan menjalin kasih. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan melalui lagu yang mengiringi permainan ini seperti lagu 'Mbe Lalose' dengan lyric seperti 'eee…ae ruange awo puar, uang situt wela timung' adalah syair cinta dari seorang pemuda untuk meraih simpatik dari sang gadis pujaan.

Lagu 'Pantar' berisi pesan bahwa dalam menjalin relasi, hendaknya hubungan persahabatan di jaga dan dipelihara dengan baik untuk menujang keseras ian dan keselarasan hidup bermasyarakat. Rantuk berarti tos-tosan. Sedangkan Allu berarti ani-ani yang digunakan untuk menumbuk padi atau kopi. Permainan Rantuk Allu dimainkan bersamaan dengan pemukulan gong dan gendang dan nyanyian lagu-lagu daerah sesuai irama para penari yang meloncat riang dan lincah di atas ani-ani yang saling tos-tosan.

Hits: 1268

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today787
Yesterday876
This week3473
This month15333
Total1504000
Thursday, 14 November 2019

Informasi Cuaca

Kupang