×

Warning

Failed loading XML file

Tari Woleka Masyarakat Sumba

Published: Wednesday, 22 January 2014

Budaya sumba secara khususnya sumba barat daya memiliki beragam bahasa dan adat istiadat yanng mewarnai setiap segi kehidupan sosial masyarakat sumba dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sesjarah kuno masyarakat sumba pada umumnya memang dikisahkan dalam bentuk syair-syair adat berisi hikayat suci tentang asal usul nenek moyang.

Hikayat-hikayat ini memang banyak versinya dan biasanya didaraskan secara khusus oleh Rato Adat saat berlangsung upacara tertentu. Salah satu upacara khusus yaitu upacara Urrata. Yaitu upacara yang di maksudkan untuk bertanya kepada marapu tentang keberuntungan dan nasib manusia.

Dalam upacara urrata terdapat sebuah upacara adat yang disebut upacara Woleka. Woleka merupakan upara adat yang dilakukan untuk memenuhi kaul. Upacara ini dilakukan bagi orang yang memohon berkat kepada leluhur/alkhalik, misalnya ingin memperoleh hasil panen yang bagus, sembuh dari penyakit, meminta menantu dan lain-lain.dan setelah perminyaan itu dikabulkan orang tersebut akan menyelenggarrakan woleka sebagai wujud rasa syukur kepada sang Khalik dan para leluhur. Niat tersebut diumumkan/ di perdengarkan malalui bunyi gong dan tambur sehingga umum dapat mengetahui bahwa orang tersebut akan berpesta(Woleka).

Budaya adalah warisan. Budaya adalah jati diri sehingga dikembangkan kearah yang benar sehingga dapat membawa dampak positif bagi semua lapisan masyarakat secara turun temurun.

Hits: 3736

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today162
Yesterday654
This week3181
This month14854
Total1013433
Saturday, 24 February 2018

Informasi Cuaca

Kupang