×

Warning

Failed loading XML file

Gua Batu Cermin

Published: Monday, 27 January 2014

Batu Cermin adalah sebuah bukit batu yang terletak di bagian timur dari Bandara Komodo di Labuan Bajo. Di bukit batu ini terdapat gua alam dengan stalaktit-stalaktit yang indah dan terus bertumbuh sampai dengan saat ini. 

Batu Cermin, sebenarnya adalah sebuah terowongan atau gua di bukit batu yang gelap di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua seperti sebuah cermin. Itulah sebabnya tempat ini disebut batu cermin. Gua ini terletak di sebelah timur pelabuhan Labuan Bajo sekitar empat kilometer dari pusat kota.

Gua ini memiliki hutan di mana Anda dapat menemukan kera ekor panjang dan babi hutan. Biro perjalanan menjual paket wisata ke Batu Cermin sebagai bagian dari program tur kota Labuan Bajo.

Untuk menelusuri gua ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 1-2 jam. Gua ini dilengkapi dengan bayak stalaktit dan stalakmit yang indah, terutama banyak terdapat di bagian dalam gua. Di beberapa sisi gua terdapat fosil-fosil binatang purba yang menempel diantaranya terumbu karang, fosil ikan dan fosil kura-kura yang sudah membatu, yang mengindikasikan bahwa lokasi gua ini dahulunya terendam oleh air laut atau merupakan bagian dari lautan.

Menurut informasi dari tour guide, lokasi gua ini juga digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat bersembunyi dan benteng pertahanan pada masa peperangan dahulu kala.

Untuk mendapatkan pemandangan yang menarik, datanglah pada siang hari antara pukul 10.00 sampai pukul 14.00 waktu setempat untuk mendapatkan pancaran cahaya yang memantulkan sinar0sinar berkilauan seperti Kristal. Inilah yang mungkin dijadikan sebagai dasar penamaan gua ini.

Anda dapat masuk dan menelusur gua dengan membayar tariff karcis masuk seharga Rp 20.000. Murah bukan, selamat berpetualang. Di dalam gua ini juga berfungsi sebagai rumah bagi banyak kelelawar yang dapat dengan mudah di temui pada saat menelusuri kedalam gua. Anda juga akan menemui bermacam-macam binatang unit diantaranya Kaki Seribu yang unik dan Laba-Laba Hitam dengan ukuran yang cukup besar.

Anda dapat menginap di pusat kota Labuan Bajo mengingat lokasi gua ini memang sudah terletak di pinggir kota dan hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Labuan Bajo.

Tidak terdapat restoran di sekitar lokasi gua, tetapi anda dapat menemukan pasar tradisional yang menjual makanan tradisional yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi gua. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai kuliner di pusat kota Labuan Bajo.

Hampir setiap hotel memiliki restorannya sendiri. Selain itu, anda dapat menemukan bermacam-macam restoran di Jalan Soekarno-Hatta. Restoran di tempat ini menyajikan berbagai macam pilihan menu makanan mulai dari masakan luar negeri, hingga masakan local dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat menikmati sup ikan yang sangat menggugah selera tepat di Depot Budi Luhur yang berlokasi di Pasar Lama Labuan Bajo.

Ada banyak toko penjual souvenir yang tersedia di Labuan Bajo. Khususnya, sepanjang jalan Yos Sudarso, yang menyediakan banyak jenis souvenir, diantaranya kain tenun, perhiasan dari mutiara, patung komodo dari pahatan kayu dalam berbagai ukuran dan lain sebagainya.

Anda juga dapat menemukan toko penjualan souvenir tepat di lobby bandara komodo milik Ibu Lelly, yang menyediakan kain tenun ikat khas Kabupaten Manggarai Barat dan tenunan dari daerah lainnya di NTT seperti tenunan Sumba dan dari daratan Flores lainnya, manik-manik seperti cincin, gelang, kalung hasil kerajinan masyarakat lokal, kaos bertuliskan dan bergambarkan Taman Nasional Komodo, ukiran dan pahatan kayu berbentuk komodo dan masih banyak lagi. Anda dapat menghubungi took ini di nomor 081339359646.

Sangat mudah untuk menjangkau lokasi Gua Batu Cermin. Dari kota anda cukup membayar ojek dengan biaya mulai Rp 5.000. selain itu, Gua Batu Cermin juga biasanya merupakan bagian dari City Tour jika anda berkunjung Labuan Bajo menggunakan jasa perjalanan wisata.

Pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk dan obat anti malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim sunblock, topi, dan kacamata hitam, karena udara di sini sangat panas selama musim kemarau. Namun Anda dapat membeli perlengkapan ini di supermarket di kota atau dari toko hotel.

Pantulan cahaya...
Pantulan cahaya menyerupai cermin Pantulan cahaya menyerupai cermin
Fosil kura-kura...
Fosil kura-kura di dinding gua Fosil kura-kura di dinding gua
Permukaan gua
Permukaan gua Permukaan gua

Lainnya...

Hits: 2455

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today727
Yesterday789
This week1516
This month24363
Total1481192
Tuesday, 22 October 2019

Informasi Cuaca

Kupang