×

Warning

Failed loading XML file

Pulau Rinca

Published: Monday, 27 January 2014

Umumnya wisatawan lebih memilih Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo. Selain lebih mudah menemui komodo, karena luas pulaunya lebih kecil, untuk mencapai Rinca hanya butuh 2 jam dengan boat, sedangkan ke Pulau Komodo 3-4 jam.

Dermaga: Tempat berlabuhnya berbagai kapal local maupun asing, jangan kaget jika disambut oleh komodo yang memang berkeliaran bebas, dengan panjang 2 m.

Pos jaga/konservasi: Sekitar 0,5 km dari gerbang dermaga. Membayar tiket masuk, bagi wartawan/media/peneliti yang besarnya berbeda dengan tiket pengunjung umum. Tiket meliputi: karcis masuk kendaraan air Rp 4.000, tourism fee for conservation Rp 10.000, tanda masuk obyek wisata Pemkab Manggarai Barat Rp 10.000, karcis masuk pengunjung Rp 2.000, totalnya Rp 22.000.

Ranger: Setelah membayar tiket, ranger (pawang komodo) akan memandu menuju bukit. Ranger selalu bersenjatakan sebatang tongkat kayu berbentuk huruf Y. Jika terjadi komodo menyerang tiba-tiba, tongkat ini dipakai untuk menahan leher komodo, dan biasanya komodo akan berhenti menyerang.

Dapur: Rumah panggung berbahan kayu/papan dengan fasilitas soal sel sebagai pembangkit listrik. Di bawah dapur terdapat 6 ekor komodo dewasa berukuran lebih dari 2 m. pada pagi hari setelah pukul 08.00, komodo terlihat malas bergerak. Menurut ranger, sikap ini adalah sikap kamuflase, sebenarnya dalam keadaan siap menyerang jika mencium stimulus bau darah/amis atau hewan lain seperti kambing, rusa, babi, kerbau, sapi atau ikan.

Perjalanan Rute 1 Jam: Menyusuri jalan hutan konservasi, yang dijaga keaslian alamnya bagi habitat komodo. Beberapa komodo melintas umumnya berusia dibawah 2 tahun. Anda akan menjumpai anak komodo berjalan di semak hutan ini, karena bayi komodo setelah dilahirkan hidup diatas pohon untuk menghindar kanibalisme induk komodo.
Sarang Komodo: Tempat komodo bertelur dan mengerami telurnya, berdiameter lubang mencapai 1 m dan diberi tanda tali biru security line.

Kantin: Pada akhir rute perjalanan, terdapat tempat beristirahat pengunjung yang memiliki counter souvenir patung kayu komodo. Di tempat ini juga menyediakan makanan minuman kecil. Dekat kantin terdapat display tengkorak aneka jenis hewan korban yang dimakan komodo, mulai dari kepala kerbau, sapi, babi hingga monyet.

Sumber: Exotic NTT, 200 Tempat Wisata Paling Menantang dan Eksotis di Provinsi NTT. Wisata Alam, Bahari, Budaya dan Tradisi. oleh Gagas Ulung

Lainnya...

 

Hits: 611

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today17
Yesterday1392
This week4174
This month28254
Total948901
Thursday, 23 November 2017

Informasi Cuaca

Kupang