×

Warning

Failed loading XML file

Situs Batu Pong

Published: Monday, 08 September 2014

Situs ini terletak di Desa Pong Welak Kecamatan Welak. Mulanya berlayarlah "Rengka Waek" dari Minangkabau hendak mencari persinggahan dan terdampar di Warloka, Labuan Bajo. Disana dia tinggal untuk sementara waktu sambil mengembangkan bakatnya yaitu mengukir patung batu. Kemudian dia menjelajah sampai ke pedalaman Welak bagian utara yaitu di Suku Rona Kolang.

Disana dia menetap untuk sementara waktu lagi sambil mengembangkan pola hidup beternak yaitu beternak babi. Suatu ketka Babi peliharaan Rengka Waek hendak beranak sehingga babi tersebut ingin mencari tempat beristirahat yang tepat. Rengka Waek pun mengikuti jejak babi peliharaannya sambil membawa pakan ternak sampai di Robo. Dia beristirahat untuk sementara lagi disitu.

Dalam perjalanannya itu ternyata babi peliharaannya memilih tempat beristirahat di Lampang, dekat dengan kampung Welak. Kehadiran Rengka Waek pun diketahui oleh masyarakat sekitar. Bagi orang Welak, kehadiran Rengka Waek sebagai orang asing sangat menakutkan sekaligus menakjubkan. Dia memiliki ilmu kesaktian yang cukup tinggi ketika hendak dibunuh dengan tombak dan dibakar dengan api, semuanya tidak mempan, bahkan ketika dikejar pun dia bisa terbang dan bertengger di atas kayu. Hal yang terakhir inilah yang menjadi cikal bakal nama yang disandangnya. Oleh masyarakat sekitar dia dipanggil dengan nama Rengka Weak (Rengka artinya dahan dan Weak artinya pohon besar).

Atas jasanya yang telah berhasil mengatasi masalah orang Welak, orang Welak membagi dua wilayah kampung Welak menjadi dua bagian yaitu Welak Tadu (artinya tertutup) yang dikuasai oleh Rengka Weak dan Welak Lenga (artinya Welak terbuka) yang dikuasai oleh orang Welak. Rengka Weak pun mempersunting salah satu puteri dari orang Welak yang bernama Banggem Ina Bakok,

Pada akhir perjalanannya, sebelum meninggal Rengka Weak berpesan kepada anak cucunya supaya mengambil patung yang pernah diukirnya di Warloka-Labuan Bajo untuk ditempatkan di atas makam dan isterinya.

Lainnya ...

Hits: 506

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today191
Yesterday855
This week5953
This month19556
Total815599
Sunday, 23 July 2017

Informasi Cuaca

Kupang