×

Warning

Failed loading XML file

Benteng Empu

Published: Monday, 27 January 2014

Benteng Empu dulu merupakan sebuah kampung tua yang berada di atas bukit yang bernama kampung Empu. Kampung ini kemudian dikenal dengan Benteng Empu karena dulu menjadi benteng pertahanan yang amat kokoh dan sulit takluk terhadap serangan musuh.

Hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada di sebuah bukit batu yang lebih tinggi dari daerah di sekelilingnya, dan di bagian utara, timur dan selatan terdapat jurang yang sangat dalam. Disamping itu di Benteng Empu terdapat seorang satria yang gagah berani yang bernama Wangka Pelang. Beliau terkenal dengan ilmu kekebalannya yang tidak bias dibunuh dan anti peluru.

Di dekat situs Benteng Empu terdapat serumpun bambu yang unik karena bambu tersebut mempunyai satu pangkal namun pada bagian tengahnya tumbuh banyak tunas yang kemudian menjadikan bambu tersebut bercabang.

Konon, bambu ini dulunya merupakan sebuah perian (Ndoa) tempat menimba air yang ditinggalkan oleh seorang perempuan yang lumpuh. Pada saat dia melihat musuh datang menyerang kampung Empu, dia meninggalkan perian yang berisi air lalu melarikan diri ke dalam kampung. Perian tersebut kemudian tumbuh tunas lalu menjadi serumpun bambu bercabang yang masih ada hingga kini. Menurut warga setempat bambu ini tidak boleh dipotong karena bisa jatuh sakit bahkan meninggal.

Transportasi

Benteng Empu berada di Desa Pocolia Kecamatan Poco Ranaka. Perjalanan menuju Benteng Empu bisa dimulai dari Borong atau dari Ruteng melewati Bea Laing, Watu Cie, dan selanjutnya menuju kampung Pongkor di Desa Pocolia menggunakan sepeda motor atau mobil dengan waktu tempuh 1 jam.

Dari kampung Pongkor berjalan khaki sejauh 2km menuju kampong Maro yang berada di atas bukit. Dari kampung Maro mendaki bukit melewati perkebunan kopi yang rimbun sejauh 1,5km menuju Benteng Empu. Di sepanjang jalan tersaji panorama alam yang sangat indah, sambil melihat kebun kopi dengan buah yang lebat dan pohon yang rimbun dan sejuk.

Lainnya...

Hits: 820

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today259
Yesterday5594
This week5853
This month23941
Total1512608
Tuesday, 19 November 2019

Informasi Cuaca

Kupang