×

Warning

Failed loading XML file

Pantai Watu Panjung

Published: Monday, 27 January 2014

Berada sekitar 10 km di sebelah timur Pota kota Kecamatan Sambi Rampas. Memiliki hamparan pasir putih di sepanjang pantai, di beberapa bagian terdapat batu karang yang berdiri anggun & kokoh membelakangi perbukitan yang hijau ditumbuhi pepohonan.

Di bagian timur pantai Watu Pajung terdapat padang yang cukup luas , sementara di bagian barat terdapat lahan persawahan milik warga setempat. Kombinasi alam nan indah ini membuat Watu Pajung sangat menakjubkan. Dinamai Watu Pajung karena di tepi pantai terdapat sebuah batu karang yang berdiri menghadap ke laut, menyerupai payung yang sedang mengembang.

Secara harafiah berarti Batu Payung atau batu yang menyerupai payung. Daerah di sekitar pantai Watu Pajung masih berupa kawasan hutan dan padang rumput yang alami. Di dalam kawasan hutan ini merupakan tempat bermukim kadal raksasa Komodo Flores. Binatang purba ini disebut Rugu dalam bahasa setempat dan bermukim di sekitar pantai Watu Pajung dan daerah Tompong di sebelah utara manggarai Timur. Menurut penelitian para ahli Komodo Flores ini memiliki postur tubuh dan DNA mirip dengan binatang Komodo yang terdapat di Pulau Rinca.

Perairan di pantai Watu Pajung umumnya tenang dan cocok u ntuk aktivitas olah ra ga berenang, snorkeling dan diving. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada pagi dan sore hari saat semburan sinar matahari yang berwarna kuning kemerahan menyapu bibir pantai yang mengkilat dan membuat batu karang berwarna kuning keemasan memamerkan pesona pantai yang sangat indah.

Transportasi

Perjalanan menuju pantai Watu Pajung bias ditempuh dari Borong atau dari Ruteng. Apabila dari Borong melewati Bealaing menuju Watunggong dan selanjutnya ke Potadan Watu Pajung , menempuh jarak sekitar 140 km dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Sedangkan dari Ruteng melewati Reo menyusuri pantai utara menuju Potadan selanjutnya ke pantai Watu Pajung. Jarak yang ditempuh sekitar 100km dengan waktu tempuh sekitar 4.5 jam. Kondisi jalan yang dilalui cukup sulit sehingga waktu tempuh bias lebih lama dari perkiraan.

Lainnya...

Hits: 926

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today783
Yesterday855
This week3399
This month16448
Total1056643
Thursday, 19 April 2018

Informasi Cuaca

Kupang