×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Adat Tutubhada

Published: Friday, 24 January 2014

Kampung Tutubhada terletak di Desa Rendu Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, yang merupakan Situs Kampung Tua di Kabupaten Nagekeo. Di kampung tersebut masih ada peninggalan-peninggalan benda cagar budaya serta atraksi budaya seperti : Tinju Adat (Etu), Potong Kerbau (Para Bhada), Sunat (Tau Nuwa), dll.

Semua rumah yang ada di perkampungan adat Tutubhada sangat unik karena bentuknya sama dengan bentuk rumah adatnya (Ji Vao). Sa’o Ji Vao pertama kali didirikan pada tahun 1983. Ji artinya Kekuatan, Vao artinya Naungan,. Ji Vao artinya rumah tempat bernaung yang oleh masyarakat setempat didalamnya kita menemukan kedamaian. Sa’o Ji Vao mengayomi seluruh suku mulai dari Raja Ulu Tana Tada Riwu sampai ke Raja Eko Tana masyarakat Rendu.

Pembangunan Sa’o Ji Vao melewati 17 tahap ritual adat yang mana pada tahap akhir akan dilaksanakan upacara Para Bhada (potong kerbau). Upacara Para Bhada diawali dengan Bhea Sa oleh perwakilan seluruh kesatuan rumah adat yang ada. Tutubhada termasuk di dalam kesatuan etnik Redu, Kecamatan Aesesa Selatan.

Aktivitas

Ketika mengunjungi Tutubhada, para wisatawan dapat langsung menelusuri kampung yang didalamnya terdapat rumah-rumah adat dengan benda-benda cagar budaya yang masih asli peninggalan nenek moyang masyarakat kampung Tutubhada. Selain itu kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan tokoh-tokoh adat terkait sejarah kampung Tutubhada sambil menikmati sajian makanan lokal dan beragam atraksi seni budaya.

 

Akomodasi

Di kampung Tutubhada tidak terdapat fasilitas penginapan tetapi karena jarak dari lokasi kampung Tutubhada dengan Ibukota Kabupaten ± 10 Km maka wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas akomodasi/penginapan yang ada di Mbay.


Kuliner

Terdapat beragam pangan lokal yang bisa anda dapatkan di Kampung Adat Tutubhada sehingga menjadikan perjalanan anda semakin menarik.

 

Belanja

Jika ingin mendapatkan souvenir / handycraft, anda dapat memilih koleksi kerajinan lokal masyarakat setempat yang dengan mudah dijumpai di lokasi perkampungan adat Tutubhada.

 

Transportasi

Untuk mencapai kampung adat Tutubhada anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan jasa ojek atau mobil yang disewakan.


Rumah adat
Rumah adat Rumah adat
Batu megalitik
Batu megalitik Batu megalitik
Ornamen rumah a...
Ornamen rumah adat Ornamen rumah adat
Masyarakat desa
Masyarakat desa Masyarakat desa
Rumah masyaraka...
Rumah masyarakat Rumah masyarakat
Kunjungan Rombo...
Kunjungan Rombongan Yacht Rally, Sail Komodo 2013 Kunjungan Rombongan Yacht Rally, Sail Komodo 2013
Kunjungan Rombo...
Kunjungan Rombongan Yacht Rally, Sail Komodo 2013 Kunjungan Rombongan Yacht Rally, Sail Komodo 2013

Lainnya...

Hits: 2270

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today517
Yesterday711
This week5533
This month23833
Total879680
Sunday, 24 September 2017

Informasi Cuaca

Kupang