Desa Waebala

Published: Saturday, 25 January 2014

Desa Waebela terletak di Kecamatan Inerie. Jarak Waebela ke Aimere ±30 km sedangkan jarak dari Bajawa ±57 km. Kondisi alam yang berbukit dan subur membuat daerah ini kaya akan tanaman perkebunan.

Pada beberapa tempat terutama hutan, masih ditemukan binatang liar seperti ular piton, babi landak, rusa, ayam hutan, monyet dan jenis burung seperi punglor, nuri dan puyuh. Potensi yang terdapat di Desa Waebela terdiri dari potensi budaya dan alam. Kampung Sewowoto adalah salah satu potensi budaya yang ada.

Di kampung ini terdapat rumah adat tradisional etnis Ngada, Ngadhu dan Bhaga. Ngadhu menjadi simbol nenek moyang laki-laki. Ngadhu adalah rumah berpayung dengan satu tiang kayu yang diukir. Ngadhu yang beratap serat ijuk ini memiliki tiang tunggal dari jenis kayu khusus yang keras karena berfungsi juga sebagai tiang gantungan hewan kurban ketika upacara adat. Sedangkan Bhaga adalah simbol nenek moyang perempuan. Bhaga berupa miniatur rumah adat.

Potensi alam yang ada di Desa Waebela adalah Pantai Enabhara. Pantai pasir putih yang landai dengan ombak yang tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Fenomena alam berupa gelombang laut yang pecah di dinding-dinding karang menyebabkan semburan air laut pecah ke udara menyerupai bunga (water blow). Tidak jauh dari lokasi pantai pasir putih ini terdapat Gua penginggalan Jepang yang digunakan sebagai tempat persembunyian pada masa peperangan.

Aktivitas

Untuk menjelajah Desa ini anda dapat menghubungi Kepala Desa Waebela dengan nomor Hp 081353380701 atau Pak Yosep Dura dengan nomor Hp 082147742663. Atau anda dapat menghubungi guide lokal yang ada di Bajawa.

 

Akomodasi

Tidak ada penginapan di sekitar obyek wisata. Jika anda menginap, anda harus ke Aimere karena jarak antara Waebela ke Aimere cukup dekat. Penginapan Aimere, penginapan Agogo, penginapan Bata Bahari menjadi pilihan anda dengan harga mulai dari Rp.75.000.

 

Kuliner

Di sekitar Desa Waebela tidak tersedia tempat makan sehingga anda disarankan membawa makanan sendiri. Apabila ingin memperoleh makanan, anda harus ke Aimere. Di sana tersedia tempat makan seperti Rumah Makan Agogo, Rumah Makan Singgalang, Bakso Solo dan Samudra.

 

Transportasi

Ada dua jalur untuk mencapai obyek wisata ini. Dapat ditempuh dengan rute Bajawa-Jerebuu-Waebela maupun Bajawa-Aimere-Waebela. Kedua rute ini dapat dicapai dengan menggunakan angkutan umum, travel maupun ojek dan kendaraan pribadi. Untuk menuju Pantai Enabhara, anda harus berjalan kaki atau menggunakan jasa perahu motor dengan jarak tempuh ±30 menit dari Waebela.


Lainnya...

Hits: 1339