×

Warning

Failed loading XML file

Gunung Inerie

Published: Saturday, 25 January 2014

Gunung Inerie terletak di Desa Tiworiwu I, Kecamatan Jerebuu. Jaraknya ± 10 km dari kota Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada. Pernah meletus di tahun 1882 dan 1970, gunung ini memiliki ketinggian 2.245 m di atas permukaan laut. Dari atas puncak gunung, pendaki bisa melihat pemandangan kota Bajawa di barat laut.

Bagian selatan, pendaki bisa melihat birunya Laut Sawu yang menempel dengan kaki Gunung Inerie. Di sisi selatan puncak gunung terdapat sebuah batu besar yang diyakini masyarakat setempat sebagai penjelmaan dari sosok Jaramasi dan kuda tunggangannya. Jaramasi adalah seorang ksatria penjaga Gunung Inerie. Nama Jaramasi diambil dari kata 'jara' artinya kuda dan 'masi' yang mengacu ke nama orang (laki-laki).

Bagian gunung yang berhutan lebat hanya terdapat di sebelah barat lereng gunung. Sedangkan hutan di lereng bagian selatan telah dikonversi menjadi daerah perkebunan. Sebagian besar hutan yang terdapat di dalam kawasan ini terletak pada ketinggian 1.000-1.500 meter dari permukaan laut.

Gunung ini ramai didaki ketika musim kemarau, yakni antara bulan Juni hingga Agustus. Tak sulit untuk mendaki gunung dengan puncak lancip tersebut. Naik ojek atau taksi dari Bajawa selama setengah jam untuk menuju Kampung Watumeze, pintu masuk Inerie. Ajaklah pemandu lokal dari Watumeze atau dari Bajawa.

Mulailah mendaki pada jam empat pagi agar anda dapat melihat matahari terbit dalam perjalanan menuju puncak. Tiga jam mendaki, anda akan tiba di puncak. Nikmati hijaunya pemandangan di kawah Inerie. Bawa pula binokular anda untuk menyaksikan berbagai jenis burung yang dapat ditemui sepanjang pendakian.

Jika ingin lebih lama, anda dapat berkemah di kaki gunung Inerie. Penggemar trekking dan hiking juga dapat mengeksplorasi lereng Inerie untuk mengenali keunikan vegetasi serta pepohonan di sini.

Aktivitas

Anda dapat menghubungi pemandu lokal karena jenis wisata ini merupakan wisata minat khusus. Pemandu lokal sudah mengetahui jalur trekking aman dan sering digunakan sehingga keselamatan anda terjamin.

 

Akomodasi

Tidak ada penginapan di sekitar obyek wisata ini. Anda harus kembali menginap di Bajawa. Namun apabila anda ingin menikmati suasana pegunungan, anda dapat menginap di rumah penduduk.

 

Kuliner

Di sekitar obyek wisata ini tidak terdapat tempat makan sehingga anda disarankan untuk membawa makanan sendiri.

 

Transportasi

Anda dapat menggunakan jasa angkutan umum Bajawa-Langa atau Bajawa-Jerebuu. Untuk rute Bajawa-Jerebuu, anda harus berhenti di Kampung Bena.


Lainnya...

Hits: 1651

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today4
Yesterday984
This week4
This month16338
Total1319669
Monday, 22 April 2019

Informasi Cuaca

Kupang