×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Tradisional Tololela

Published: Sunday, 26 January 2014

Kampung Tololela terletak di Desa Manubhara, Kecamatan Jerebuu. Jarak dari Ibukota Bajawa ±29 km. Anda dapat menempuh sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan sampai di Kampung Bena.

Terletak di puncak bukit, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki (trekking) sekitar 1 jam sepanjang lereng Gunung Inerie sambil menikmati pemandangan alam dan potensi agrowisata sebelum mencapai kampung Tololela.

Seperti kampung-kampung di Kecamatan Jerebuu pada umumnya, Kampung Tololela didiami oleh 6 suku dengan rumah-rumah tradisional etnis Ngada yang terbuat dari kayu beratapkan ilalang yang membentuk formasi segi empat megelilingi tanah lapang berundak.

Terdapat tanduk-tanduk kerbau di masing-masing rumah yang mana berasal dari kerbau yang digunakan sebagai kurban dalam upacara adat. Di tengah lapangan terdapat Ngadhu dan Bhaga sebagai perlambang roh lelaki dan perempuan serta kuburan batu tua (megalith).

Berada di lereng Gunung Inerie membuat daerah ini menjadi subur dan kaya akan hasil alam. Anda dapat menikmati potensi agrowisata seperti tanaman kayu manis, kemiri, vanili, kakao dan sebagainya. Di kampung ini juga, anda dapat menyaksikan proses pembuatan tenun ikat khas Ngada yang dibuat secara tradisional. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh kaum wanita yang mendiami kampung Tololela. Apabila anda tertarik, anda bisa langsung membelinya.

Aktivitas

Untuk menjelajah Kampung Tololela, anda dapat menghubungi Ketua Forum Pengembangan Pariwisata Desa (FPPD) Manubhara dengan nomor Hp 081239451508.

 

Akomodasi

Di sekitar Kampung Tololela tidak tersedia penginapan (hotel) namun anda dapat menginap langsung di rumah-rumah tradisional milik penduduk setempat dengan suasana kekeluargaan.

 

Kuliner

Tidak tersedia rumah makan atau restoran di sekitar obyek wisata ini. Anda harus membawa makanan sendiri. Jika anda menginap di rumah penduduk anda dapat menikmati makanan tradisional yang disajikan oleh pemilik rumah.

 

Transportasi

Untuk mencapai Kampung Tololela, anda dapat menggunakan jasa angkutan umum, travel atau ojek sampai di Kampung Bena atau Gurusina. Selanjutnya perjalanan menuju obyek wisata ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki (trekking).


Lainnya...

Hits: 1427

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today498
Yesterday1136
This week3848
This month26965
Total1369241
Thursday, 27 June 2019

Informasi Cuaca

Kupang