×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Tradisional Wogo

Published: Sunday, 26 January 2014

Kampung Wogo terletak di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa. Jarak dari Kota Bajawa ke Kampung Wogo ±16km dapat ditempuh sekita 25 menit perjalanan. Kampung Wogo sekarang merupakan perkampungan baru dimana dahulu lokasinya berada di sebelah barat dari kampung baru.

Di kampung lama terdapat peninggalan budaya megalit yang mengagumkan seperti hamparan bebatuan megalith yang menjulang tinggi. Hamparan batu ini merupakan kuburan nenek moyang yang digunakan juga untuk upacara adat. Hamparan batu ini masih tertata rapih dengan formasi yang memukau.

Di kampung Wogo yang baru terdapat puluhan rumah adat tradisional etnis Ngada. Rumah ini terbuat dari bahan kayu, ijuk dan bambu. Terdapat ukiran-ukiran khas Ngada di setiap rumah adat. Di tengah-tengah kampung terdapat Ngadhu dan Bhaga. Ngadhu menjadi simbol nenek moyang laki-laki. Berfungsi juga sebagai tiang gantungan hewan kurban ketika upacara adat. Sedangkan Bhaga adalah simbol nenek moyang perempuan. Bhaga berupa miniatur rumah adat.

Aktivitas

Untuk menjelajah obyek ini, anda dapat menghubungi Ibu Monika sebagai Ketua FPPD dengan nomor Hp 081339023088.

 

Akomodasi

Di sekitar Kampung Wogo tidak terdapat penginapan. Karena jaraknya yang cukup dekat, anda bisa menginap di bebepara penginapan yang ada di kota Bajawa.

 

Kuliner

Anda dapat memperoleh makanan di beberapa Rumah Makan Pojok, Rumah Makan Mas Sari, Rumah Makan Putri Tunggal yang berada di Mataloko, ±1km dari obyek wisata Wogo.

 

Transportasi

Untuk menjangkau obyek wisata Wogo, anda dapat menggunakan angkutan umum dengan rute Bajawa-Mataloko, menggunakan jasa travel atau jasa ojek.


Di sekitar Kampung Wogo tidak terdapat penginapan. Karena jaraknya yang cukup dekat, anda bisa menginap di bebepara penginapan yang ada di kota Bajawa.

Lainnya...

Hits: 2369

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today53
Yesterday992
This week53
This month13591
Total1198943
Monday, 19 November 2018

Informasi Cuaca

Kupang