×

Warning

Failed loading XML file

Kawah Wawomudha

Published: Sunday, 26 January 2014

Wawomuda berada di wilayah kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa. Untuk menuju kawah ini Anda tidak usah berpikir harus berlelah-lelah mendaki atau menjelajah hutan pegunungan sebab akses ke kawasan ini terbilang mudah dengan berkendara menempuh jarak 6 km perjalanan selama sekitar 15 menit dari pusat kota Bajawa.

Wawomuda sendiri memang baru terbentuk sekitar 11 tahun yang lalu akibat letusan Gunung Wawomuda yang meludeskan seluruh lereng yang saat itu dijadikan perkebunan oleh warga. Kelahiran kawah ini saat ini menjadi berkah bagi warga sebab memunculkan satu potensi baru lagi akan pariwisata Ngada. Mungkin yang sedikit menjadi hambatan adalah petunjuk jalan yang jelas mengenai keberadaan kawah.

Anda hanya akan melihat tulisan Welcome to Wawomuda yang menjadi pertanda Anda sudah berada di kawasan yang benar, namun untuk petunjuk tentang lokasi kawahnya memang masih minim. Jalan yang dihadapi sampai masuk ke kawasan Wawomuda adalah aspal halus dua jalur yang lama-lama berganti menjadi jalan kecil yang belum diaspal dan sempit sehingga kendaraan susah masuk. Anda harus memarkir kendaraan lalu berjalan sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi view point kawah Wawomuda ini.

Indah dan menakjubkan adalah dua kata yang pantas diucapkan ketika melihat pemandangan kawah. Jadi Gunung Wawomuda yang meletus tadi melahirkan 3 kawah kecil. Istimewanya adalah warna air kawah yang berbeda-beda juga di tiap lubang kawah. Sekelibat memang mirip sekali dengan deskripsi Danau Kelimutu. Banyak sekali wisatawan yang menyebutnya sebagai mini Kelimutu karena kemiripannya ini.

Panorama selama perjalanan menuju dan sekitar kawah , pepohonan pinus dan cemara yang berjejer tumbuh di wilayah ini menjadi daya tarik lain dari kawasan Wawomuda. Bau belerang khas kawah di sini tidak terlalu menyengat bahkan tidak tercium sebab dinetralisir oleh bau khas pohon pinus yang segar dan mendominasi udara pernafasan kita.

Bila pagi hari terutama musim hujan, kabut sering menyelimuti kawasan ini, jadi lebih baik datang ke sini saat musim kemarau dan pagi hari di mana biasanya langit cerah sehingga pemandangan kawah dan panorama sekitar pun tidak akan terhalang kabut. Keindahannya, Kemudahan akses serta jaraknya yang dekat dari pusat kota membuat Kawah Wawomuda layak dikunjungi selagi anda singgah di Bajawa.

Aktivitas

Anda dapat bertanya kepada petugas yang berada di pintu masuk obyek ini ataupun dengan menggunakan jasa guide lokal untuk menjelajah Wawomuda.

 

Akomodasi

Di sekitar obyek wisata ini tidak terdapat penginapan. Karena jaraknya yang dekat dengan kota Bajawa maka anda dapat menginap di hotel-hotel yang ada di Bajawa.

 

Kuliner

Tidak ada tempat makan di sekitar obyek. Anda disarankan untuk membawa makanan ringan sendiri. Rumah makan dan restoran hanya terdapat di Kota Bajawa.

 

Transportasi

Untuk mencapai obyek wisata Wawomuda, anda dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan rute Bajawa-Ngoranale atau dapat menggunakan ojek.


Lainnya...

Hits: 1107

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today614
Yesterday999
This week1867
This month14482
Total1080595
Thursday, 24 May 2018

Informasi Cuaca

Kupang