×

Warning

Failed loading XML file

Pemandian Air Panas Mengeruda

Published: Monday, 27 January 2014

Air Panas Mengeruda terletak di desa Mengeruda, Kecamatan Soa. Jaraknya ± 25 kilometer dari Kota Bajawa. Di samping pemandangan alamnya yang bagus, tempat ini menawarkan tempat pemandian air panas dengan sumber mata air panas mencapai suhu sekitar 30°C.

Pemandian air panas ini memiliki ciri khas tersendiri yg tidak dimiliki oleh pemandian air panas alami di tempat lain. Sumber mata air berasal dari sebuah kolam dan mengalir ke sungai utama melalui bebatuan yg agak tinggi, sehingga tampak seperti air terjun kecil.

Tidak jauh dari sumber mata air panas terdapat aliran sungai yang bercampur dengan aliran air panas yang bersumber dari mata air panas lain di sekitar obyek wisata ini sehingga menghasilkan air yang hangat. Terdapat pula kolam buatan yang dibuat untuk memanjakan pengunjung.

Obyek wisata Air Panas Mengeruda dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada. Untuk memasuki obyek wisata ini anda dapat membayar Rp. 2000 untuk anak-anak dan Rp.4000 untuk dewasa (khusus wisatawan domestik) sedangkan wisatawan mancanegara, Rp.7000 untuk anak-anak dan Rp.14.000 untuk dewasa. Obyek wisata ini mulai beroperasi dari pukul 07.00 hingga pukul 19.00.

Tidak jauh dari tempat pemandian air panas terdapat lokasi penggalian binatang purba yang terletak di Mata Menge. Di sini ditemukan fosil gajah purba (stegodon), fosil tikus purba, gading, ular, dan serpihan gerabah dari zaman purba.

Aktivitas

Anda dapat menghubungi petugas yang berada di loket pembayaran karcis jika ingin mendapatkan informasi maupun untuk menjelajahi obyek wisata ini.

 

Akomodasi

Sebenarnya terdapat beberapa cottage di dalam area Air Panas Mengeruda namun kondisinya rusak sehingga anda harus menginap di Bajawa.

 

Kuliner

Tidak ada restoran atau rumah makan di sekitar obyek ini. Namun terdapat beberapa kios yang menjajakan makanan seperti mie dan makanan tradisional seperti singkong bakar. Sangat disarankan anda membawa makanan sendiri jika ingin lebih lama menikmati Air Panas Mengeruda.

 

Transportasi

Anda dapat menggunakan angkutan umum dengan rute Bajawa-Soa, menggunakan jasa travel ataupun ojek.


Pintu masuk
Pintu masuk Pintu masuk
Kolam air panas
Kolam air panas Kolam air panas
Pengunjung
Pengunjung Pengunjung
Pintu masuk
Pintu masuk Pintu masuk

Lainnya...

Hits: 1559

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today520
Yesterday711
This week5536
This month23836
Total879683
Sunday, 24 September 2017

Informasi Cuaca

Kupang