Ă—

Warning

Failed loading XML file

Gereja Tua Sikka di Natar

Published: Tuesday, 02 September 2014

Mengapa dikatakan tua karena bangunan Gereja sudah bertahan lebih dari satu abad dan masih berdiri tegak di Sikka Natar. Gereja ini didirikan sejak tahun 1899 oleh mosionaris dari tarekat Jesuit. Keberhasilan umat Sikka membangun gereja ini bersama Pastor yang bernama Y. Engbers dan tidak terlepas dari peran raja sikka pada masa itu ialah Yoseph Mbako II Ximenes da Silva yang mampu memotovasi rakyatnya untuk kehidupan rohani atau gereja.

Banguan gereja tua ini, memiliki beberapa kekhasan yang menarik, antara lain bentuk dan corak bangunannya yang tradisional dari abad XVIII-XIX, dinding gereja ditata dengan lukisan motof tenun ikat Sikka, hal ini menunjukan bahwa sudah dari jaman portugis perempuan sikka memiliki ketrampilan dalam menenun dan menciptakan motif tenun ikat. Ketrampilan itu masih turun-temurun ke generasi dewasa ini.

Dalam Gereja tua Sikka terdapat prasasti yang bertulisan nama pastor Le Cocq D’Armandville Sj, sang misionaris perintis jaman Belanda di Sikka. Prasasti itu tertulis pula hari pentabisan gereja tua, 24 Desember 1899. Spesifikasi Gereja tua dan Sinhor, Menino adalah nama yang diberikan kepada sebuah patung kecil kanak-kanak Yesus terbuat dari gading, warisan religius yang dibawa Don Alexius Ximenes da Silva dari Malaka. Menino sesungguhnya melukiskan suatu peristiwa dalam sejarah kebudayaan orang Sikka Natar. dan berbagai peninggalan Portugis lainnya.

Lainnya...

Hits: 1183

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today735
Yesterday789
This week1524
This month24371
Total1481200
Tuesday, 22 October 2019

Informasi Cuaca

Kupang