×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Totok Kalada di Desa Totok

Published: Friday, 24 January 2014

Secara umum totok terkenal dengan “INA AMA TOTOKA”, Ana Totoka Kama Take, A Take ole podinna A take ole Ratona. Ana geloka kaparadda, a radda ole innana a radda ole amana, artinya rato yang melihat teman ratonya ditempat yang lain atau yang merangkul semua bersaudara.

Umbu atau Rato yang tinggal di TOTOK adalah kakak sulung dari tujuh bersaudara. Terbukti dalam pembuatan rumah adat Pittu Likkku apabila Tolok atau Menara sudah berdiri, maka seorang rato akan naik ke bubungan dan dapat melihat rumah adat di Lamboya.

Kampung Totok Kalada sama dengan kampung – kampung lain di Sumba Barat Daya yang masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat dan menjalankan tradisi adat marapu. Di kampung ini terdapat 17 unit rumah adat (Umma Kalada) dan 98 buah kubur batu megalit serta benda – benda peninggalan nenek moyang yang salah satunya dikeramatkan dan tidak dapat dilihat secara umum kecuali lewat upacara adat, yaitu berupa kain (kalele dadi ata) yang berjumlah 4 lembar. Benda kuno lainnya seperti Mandaka (emas berbentuk bulat dan di tengahnya berlubang serta memiliki rantai dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aktivitas

Anda dapat menyaksikan beberapa ritual adat yang diselenggarakan setiap tahun seperti: Panaghi Laina (acara adat pembersian lalian/kebun), Tada Tabaka, Bogha Matana Ghukke Pukkena, Tanna Poddu Tana, Gholeka, dan Zaiso. Informasi dapat menghubungi dinas pariwisata Sumba Barat Daya lewat e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau menghubungi juru pelihara situs, bapak Hermanus Billi Bani lewat telephone seluler: (082 144 777 920).

 

Akomodasi

Karena situs ini berada tidak jauh dari kota tambolaka, maka untuk penginapan dan restoran bisa diperoleh di kota Tambolaka yang berjarak 20 km ke lokasi situs.

 

Transportasi

Jarak dari kota Tambolaka ke lokasi situs 20 km dan dapat ditempuh dalam waktu 25 menit. Kondisi jalan beraspal dan sekitar 1,5 km jalan pengerasan menuju kampung, namun kondisinya masih baik dan dapat dilalui berbagai jenis kendaraan. Untuk mencapai kampung ini sangat mudah karena dekat dengan kota Tambolaka, dari kota Tambolaka anda dapat menyewa jasa travel, ojek atau menggunakan bemo angkutan kota yang beroperasi setiap hari.


Kampung adat lainnya di SBD...

Hits: 1144

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today436
Yesterday1160
This week3701
This month8183
Total1111673
Thursday, 16 August 2018

Informasi Cuaca

Kupang