×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Waindimu di desa We'ekaninyo

Published: Friday, 24 January 2014

Kampung Waindimu memiliki sejarah sebagai cikal bakal berdirinya kampung – kampung disekitarnya termasuk kampung Parona Baroro. Berdasarkan informasi lisan masyarakat setempat bahwa dahulu kala di dekat muara sungai Bondo Kodi, hidup seorang laki – laki bernama “DOLO NGUNDU AWANG” dan kedua istrinya “RANDA PEDA” dan “KAHI LENDU AWANG”, mereka tinggal di KARUMMU POKA dekat mata air Waindimu. 

Ketika air laut pasang naik, tempat tersebut menjadi lembab dan basah, kemudian mereka pindah dan menetap di sebuah bukit berbentuk delta tidak jauh dari tempat pertama, lalu memberi nama tempat tersebut menjadi kampung Waindimu. Dengan julukan “ANA DIMU WAIMANANGA, COLO WATU RAKA PAKILORUNG LINGGO PAWOLETONG NGABA”.

Dari perkawinan mereka menghasilkan tujuh orang anak yang kemudian menyebar membentuk beberapa kampung disekitarnya termasuk kampung Parona Baroro, sehingga kampung Parona Baroro merupakan turunan dari kampung Waindimu.

Masyarakat di kampung ini masih memegang teguh adat istiadat dan tradisi marapu dalam kehidupan sehari – hari, yang nampak jelas pada rumah adat (Uma kalada) dan kubur – kubur batu megalit, serta tempat – tempat persembahan kepada marapu yang terletak di tengah kampung. Kampung Waindimu juga menyelenggarakan upacara adat Pasola sebagai warisan nenek moyang.

Aktivitas

Di kampung ini Wisatawan dapat menyaksikan upacara adat Pasola yang digelar bersama – sama dengan kampung Parona Baroro. Informasi dapat menghubungi dinas pariwisata Sumba Barat Daya lewat e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau menghubungi juru pelihara situs, bapak Rofinus Rangga Kodi lewat telephone seluler: (085 253 655 428)

 

Akomodasi

Belum tersedia akomodasi dan restoran yang dekat dengan situs ini. Wisatawan harus menginap di kota Tambolaka yang berjarak 40 km ke lokasi situs, dan diharapkan membawa bekal makanan saat berkunjung ke situs ini.

 

Transportasi

Jarak dari kota Tambolaka ke lokasi situs 40 km dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam. Kondisi jalan beraspal dan terpelihara dengan baik. Untuk mencapai kampung ini, dari kota Tambolaka anda dapat menyewa jasa travel atau menggunakan angkutan umum mini bus jurusan Bondo Kodi yang beroperasi setiap hari. Jika mnggunakan mini bus anda harus turun di Bondo Kodi dan melanjutkan dengan menyewa ojek.


Kampung adat lainnya di SBD...

Hits: 833

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today613
Yesterday999
This week1866
This month14481
Total1080594
Thursday, 24 May 2018

Informasi Cuaca

Kupang