×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Wainyapu di Desa Wainyapu

Published: Friday, 24 January 2014

Situs Kampung Wainyapu adalah sebuah kampung dengan rumah adat (Uma Kalada) yang masih asli berjumlah 60 unit rumah dan terpelihara dengan baik. Kampung adat ini memiliki daya tarik karena keaslian rumah adat dan batu - batu kubur megalit yang unik sebanyak 1.058 buah, serta prilaku hidup masyarakat yang terus mempertahankan adat istiadat kuno dan tradisi Marapu.

Tradisi budaya kuno seperti pembuatan rumah adat, penarikan batu kubur dan upacara adat Pasola yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan, masih berlangsung di kampung ini.

Daya tarik lain dari kampung ini adalah letaknya yang berada tepat di pinggir pantai wainyapu dan menjadi pemandangan unik ketika berdiri di pinggir pantai sambil menyaksikan pesona alam dibalik pepohonan yang menampakkan menara - menara atap rumah adat yang menjulang tinggi. Para wisatawan asing, khusunya wisatawan kapal pesiar yang berlayar di selatan pulau Sumba, sering menyinggahi kampung ini untuk menyaksikan pesona keaslian budaya masa lalu yang sudah sulit ditemukan di jaman sekarang.

Aktivitas

Anda dapat menyaksikan upacara adat Pasola di kampung ini yang digelar sekali dalam setahun pada bulan Maret. Tanggal pelaksanaannya ditetapkan pada bulan januari oleh para rato (imam) adat. Informasi kepastian jadwal pelaksanaan pasola dan event - event budaya lainnya seperti penarikan batu kubur dan pembangunan rumah adat yang dilakukan secara tradisional, dapat menghubungi dinas pariwisata Sumba Barat Daya lewat e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau menghubungi juru pelihara situs, bapak Thomas Teda Wonda lewat telephone seluler: (081 236 122 423).

 

Akomodasi

Belum tersedia akomodasi dan restoran yang dekat dengan situs ini, sehingga wisatawan harus menginap di kota Tambolaka yang berjarak 63 km ke lokasi situs dan diharapkan membawa bekal makanan selama berkunjung ke situs ini.

 

Transportasi

Jarak dari kota Tambolaka ke lokasi situs 63 km dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 45 menit. Kondisi jalan beraspal dan sekitar 3 km jalan pengerasan yang menuju kampung. Tersedia angkutan umum berupa mini bus dari tambolaka sampai Bondo kodi dan dilanjutkan dengan ojek yang beroperasi setiap hari, atau bisa menyewa jasa travel dari kota Tambolaka.


Hits: 1305

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today168
Yesterday654
This week3187
This month14860
Total1013439
Saturday, 24 February 2018

Informasi Cuaca

Kupang