×

Warning

Failed loading XML file

Kampung Adat Tarung dan Waitabar

Published: Friday, 24 January 2014

Sumba Barat adalah sebuah kabupaten yang memiliki beragam daya tarik wisata. Salah satu daya tarik wisata dan keunikannya adalah mengunjungi perkampungan adat, di mana kita dapat melihat Rumah Adat Sumba yang berada di Kampung Tarung yang terletak di tengah Kota Waikabubak.

Perbedaan yang mencolok disajikan bersamaan dalam 1 piring, modern dan tradisional, ketika anda memasuki kampung ini. Masih memegang adat istiadat leluhur yang kuat yaitu kepercayaan Merapu membuat kampung ini unik dan original. Ia menjadi simbol kekuatan bertahan kepercayaan turun temurun dari gempuran modernisasi.

Kedua Kampung ini terletak tepat di pusat kota, dekat kompleks pasar Inpres Waikabubak. Walau terletak di pusat modernitas namun keaslian tradisi dan budaya leluhur masih tetap dipertahankan. Misalnya rumah adat beratap alang yang dibangun mengililingi ruang terbuka tempat upacara, makam megalitik, kuil Marapu, tiang pancang (Adung) yang dulu digunakan untuk menggantung kepala musuh, dll, semuanya bakal membuat Anda merasa tengah berpetualang ke masa lampau.

Kuliner

Belum tersedia warung makan di lokasi obyek wisata sehingga disarankan untuk wisatawan membawa makanan sendiri. Di lokasi obyek wisata juga tidak ada fasilitas penginapan sehingga pengunjung sebaiknya menginap di pusat kota Waikabubak yang tersedia banyak pilihan fasilitas hotel.

Makanan khas Sumba Barat tipikal menu sederhana seperti tumis bunga pepaya, ikan asin, atau ikan bakar. Untuk merasakan menu-menu ini, Anda bisa minta pihak hotel melati tempat Anda menginap untuk memasaknya. Biasanya beberapa hotel melati menjual menu makan siang maupun makan malam, namun baru dimasak jika ada tamu yang pesan.

Cara khas lainnya adalah membeli ikan segar di pasar dan membakarnya sendiri di tepi pantai. Sementara warung-warung yang mudah ditemukan adalah rumah makan Padang, warung bakso, warung sate, dan masakan khas Jawa. Sebagian besar warung makan, juga toko-toko dan pom bensin tutup sebelum jam 9 malam.

Aktivitas

Memasuki Kampung adat Tarung anda akan bertemu dengan Rato (pemuka adat), untuk meminta izin menyaksikan kehidupan di kampung. Anda dapat belajar mengenai adat istiadat masyarakat Sumba Barat, kepercayaan Merapu, filosofi rumah adat, tata upacara adat perkawinan maupun kematian, budaya megalitik, sistem kekerabatan maupun kesenian Sumba yang khas.

 

Akomodasi

Waikabubak menyediakan penginapan dengan suasana yang nyaman dan dekat dengan Kampung Tarung. Anda tinggal berjalan kaki saja menuju Kampung.

 

Transportasi

Kondisi jalan menuju obyek berupa jalan aspal dengan kondisi baik. Kondisi jalan di dalam obyek berupa jalan aspal dengan kondisi baik. Moda transportasi umum  tersedia namun tidak sampai ke kampong yang terletak di puncak bukit  sehingga wisatawan umumnya lebih memilih rentcar. Dari Ibukota Waikabubak dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit.


Menenun
Menenun Menenun
Perkampungan
Perkampungan Perkampungan
Masyarakat desa
Masyarakat desa Masyarakat desa
Rumah adat
Rumah adat Rumah adat

Kampung adat lainnya di Sumba Barat...

Hits: 2458

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today906
Yesterday944
This week906
This month20640
Total845692
Monday, 21 August 2017

Informasi Cuaca

Kupang