×

Warning

Failed loading XML file

Gua Alam di Sumba Tengah

Published: Friday, 05 September 2014

Gua alam yang masih alami dapat anda temukan begitu banyaknya di daerah ini, terutama bagi anda penikmat petualangan alam liar Pulau Sumba. Anda dapat menemukan pesona gua alam yang memancarkan kilauan bak kristal-kristal yang berasal dari pantulan sinar matahari yang mengenai dinding-dinding stalagtit dan stalagmit di permukaan gua. Gua-gua alam ini juga digunakan sebagai tempat melakukan studi ilmiah oleh mahasiswa dan akademisi.

Aksesibilitas menuju lokasi-lokasi tersebut dari pusat kota masih belum memadai. Anda akan menemui jalan beraspal yang baik didalam kota, dan setelah mendekati lokasi atau memasuki desa-desa di luar kota Waibakul ibukota Sumba Tengah, anda akan menemui jalan tanah atau makadam. Secara umum di Sumba Tengah, fasilitas akomodasi untuk menginap dan restoran juga belum tersedia di lokasi obyek wisata khususnya dan di Kabupaten Sumba Tengah umumnya, sehingga sebaiknya wisatawan sebaiknya menginap di Waikabubak Kabupaten Sumba Barat yang berjarak sekitar 20 km dari Waibakul. Anda juga disarankan untuk membawa makanan sendiri.

Beberapa obyek wisata gua alam yang masih alami di Sumba Tengah diantaranya:

  • Gua Alam Liangu Marapu, berlokasi di Desa Umbu Pabal, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, sekitar 23 km dari pusat kota Waibakul.
  • Gua Alam Tana Rara, berlokasi di Desa Umbu Pabal, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, sekitar 25 km dari pusat kota Waibakul.
  • Gua Ular, berlokasi di Desa Waimanu, Kecamatan Katikutana Selatan, sekitar 15 km dari pusat kota Waibakul.
  • Gua Alam Liangu Paniki, berlokasi di Desa Wailawa, Kecamatan Katikutana Selatan, sekitar 10 km dari pusat kota Waibakul.
  • Gua Alam Rati Maka Dewa, berlokasi di Desa Dameka, Kecamatan Katikutana Selatan, sekitar 8 km dari pusat kota Waibakul.

Lainnya...

Hits: 852

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today164
Yesterday654
This week3183
This month14856
Total1013435
Saturday, 24 February 2018

Informasi Cuaca

Kupang