×

Warning

Failed loading XML file

Pantai di Sumba Tengah

Published: Friday, 05 September 2014

Kebanyakan pantai di Sumba tengah masih belum tersentuh oleh manusia mengingat. Pantai-pantai di Sumba Tengah memiliki ciri khas pantai dengan hamparan pasir yang memanjang sepanjang bibir pantai dan memiliki butiran-butiran pasir halus berwarna putih bersih dan belum tercemar oleh sampah. Sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu sambil bermain pasir dan berjemur.

>Berenang merupakan pilihan yang cukup baik karena ombak yang cukup bersahabat dan air yang jernih berkilau diterpa snar matahari. Anda yang menyukai memancing juga bisa menghabiskan waktu disini.

Aksesibilitas menuju lokasi-lokasi wisata tersebut dari pusat kota masih belum memadai. Anda akan menemui jalan beraspal yang baik didalam kota, dan setelah mendekati lokasi atau memasuki desa-desa di luar kota Waibakul ibukota Sumba Tengah, anda akan menemui jalan tanah atau makadam. Secara umum di Sumba Tengah, fasilitas akomodasi untuk menginap dan restoran juga belum tersedia di lokasi obyek wisata khususnya dan di Kabupaten Sumba Tengah umumnya, sehingga sebaiknya wisatawan sebaiknya menginap di Waikabubak Kabupaten Sumba Barat yang berjarak sekitar 20 km dari Waibakul. Anda juga disarankan untuk membawa makanan sendiri.

Beberapa pantai yang terkenal di Sumba Tengah diantaranya:

Pantai Waiurang: Terletak di Kecamatan Umbu Ratu Nggay berjarak 36 km dari pusat Kota Waibakul;

Pantai Karendi: Terletak di Desa Wendewa Barat, Kecamatan Mamboro berjarak 8 km dari pusat Kota Waibakul;

Pantai Pahar: Terletak di Desa Lenang,Kecamatan Umbu Ratu Nggay berjarak 37 km dari pusat Kota Waibakul. Dapat di tempuh dari waikabubak–Mamboro ± 32 km dengan kondisi jalan beraspal dan Mamboro–menuju lokasi ± 21 lokasi terletak dekat jalan utama;

Pantai Kapulit: Terletak di Desa Watu Asa, Kecamatan Mamboro berjarak 5 km dari pusat Kota Waibakul. Dapat di tempuh dari Waikabubak – Mamboro ± 32 km dengan kondisi jalan beraspal dan Mamboro – menuju lokasi pada jalan utama ± 6 km.dari jalan utama menuju pantai berjalan kaki ±1,5 km karena hanya dapat di tempuh menggunakan kendaraan khusus menuju lokasi dari jalan utama Mamboro – Lenang;

Pantai Tarapa: Terletak di Desa Manu Wolu, Kecamatan Mamboro berjarak 8 km dari pusat Kota Waibakul;

Pantai Maloba, Aili, Konda dan Pantai Tangairi

Struktur pantai ini membentuk teluk yang di beri nama Teluk Sendikeri, dengan gelombang yang tenang, sangat cocok untuk olah raga Ski Air. Selain itu dengan hamparan pasir yang luas di sekitar bibir pantai, sangat cocok untuk mengembangkan berbagai kegiatan olah raga pantai. Pada kawasan pantai juga terdapat pepohonan untuk mengembangkan kegiatan rekreasi keluarga serta kombinasi dengan wilayah pegunungan dan hutan di sekitar pantai.

Jarak ibukota kabupaten (Anakalang) dengan kawasan pantai Konda Maloba sekitar 37 km, dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor ± 3 jam.kondisi jalan terdiri dari jalan aspal sepanjang 15 km, jalan pengerasan sepanjang 8 km dan jalan tanah sepanjang 2,5 km, melewati kawasan hutan lindung. Hal ini perluh di waspadai karena dengan intensitas kendaraan yang semakin tinggi akan memberi tekanan negatif terhadap kelestarian hutan tersebut.

Masih belum tersedia Akomodasi apapun,dikarenakan pengembangan dan pengelolaannya kurang di perhatikan oleh pemerintah setempat.Tetapi terdapat sarana publik yang berada disekitar pantai tersebut, misalnya bangunan sekolah dasar (SD) dan pemukiman penduduk.

Lainnya...

Hits: 2005

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today163
Yesterday654
This week3182
This month14855
Total1013434
Saturday, 24 February 2018

Informasi Cuaca

Kupang