×

Warning

Failed loading XML file

Mengunjungi Suku Abui di Kampung Tradisional Takpala

Published: Friday, 07 March 2014

Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) kaya akan potensi wisata yang alami. Selain taman bawah lautnya yang disebutkan sebagai taman bawah laut terbaik di dunia kedua setelah Kepulauan Karibia di benua Amerika, Kabupaten Alor memiliki potensi wisata budaya tersembunyi yaitu Kampung Tradisional Takpala.

Berlokasi di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Barat Laut, objek wisata ini cukup terkenal di kancah internasional dan sering mendapat kunjungan, terutama dari wisatawan mancanegara. Kampung Tradisional Takpala menjadi aset wisata yang sudah dilindungi Peraturan Daerah Kabupaten Alor sebagai cagar budaya.

Uniknya, desa ini menghadap ke arah laut sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan Teluk Takpala. Saat datang ke sini pengunjung akan mendapatkan sambutan dari penduduk setempat yang menampilkan Tari Lego-Lego, tarian khas Takpala yang dilakukan beramai-ramai sambil bergandengan tangan secara melingkar.

Tak hanya Tari Lego-lego yang menjadi daya pikat Kampung Takpala, pengunjung akan tertarik dengan rumah-rumah tradisional Suku Abui yang dinamakan Rumah Lopo. Rumah adat ini menampung sekitar 13 kepala keluarga dengan dua jenis rumah, Kolwat dan Kanuruat.

Jika rumah Kolwat bisa dikunjungi siapapun termasuk anak-anak dan perempuan, rumah Kanuruat hanya boleh dikunjungi kalangan tertentu. Baik anak-anak maupun perempuan tidak diperbolehkan masuk. Bila dilanggar bisa menimbulkan penyakit dan untuk menyembuhkannya harus dilakukan dengan upacara adat.

Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh dari koleksi benda tradisional dan hasil kerajinan penduduk Takpala. Karena belum tersedianya toko-toko, biasanya penduduk setempat menjual dagangannya di depan rumah mereka atau di tempat tertentu di Kampung Takpala.

Pintu gerbang
Pintu gerbang Pintu gerbang
Suvenir
Suvenir Suvenir
Menari
Menari Menari
Tetua adat
Tetua adat Tetua adat

Lainnya...

Hits: 2113

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today747
Yesterday1337
This week2084
This month14560
Total899364
Tuesday, 17 October 2017

Informasi Cuaca

Kupang