Situs Pra Sejarah Benteng 7 Lapis Makes

Published: Friday, 24 January 2014

Diatas sebuah bukit yang terletak di Kecamatan Lamaknen,terdapat sebuah Benteng peninggalan pra sejarah berlapis 7. Benteng ini sudah ada sejak ribuan tahun silam. Untuk mencapai lokasi benteng ini anda harus menempuh jarak ± 35 km arah utara dari kota Atambua dengan waktu tempuhnya ± 1,5 jam.

Dilihat dari konstruksi bangunan benteng ini dapat dipastikan bahwa benteng tersebut tidak mungkin dikerjakan dengan mengandalkan tenaga manusia karena selain susunan batu yang lebarnya ± 1,5 m, tingginya juga mencapai ± 2,5 m lokasinya sangat luas.

Diyakini bahwa pembangunan benteng ini ada campur tangan dari makluk gaib. Hal ini dibuktikan dengan lapisan benteng yang ke-7,berbentuk lingkaran berdiameter ± 10 m,bila dilakukan ritual adat dalam lingkaran kecil ini, walaupun ditempati oleh 500-1000 orang tidak akan penuh.

Di dalam lapisan ini juga masih ada sebuah meriam peninggalan Portugis yang hingga sekarang masih terawat dengan baik. Selain itu ada juga kuburan-kuburan tua. Sebelum anda mencapai puncak Benteng, anda disuguhi dengan panorama gunung Lakaan yang indah dan menantang.

Aktivitas

Ketika anda berada di lokasi benteng 7 lapis Makes,anda dapat berjalan-jalan menyusuri lokasi untuk melakukan penelitian ataupun menikmati buah karya para leluhur. Selain itu dari Makes anda dapat berziarah ke Obyek wisata Rohani Patung Kristus Raja dan Patung Bunda Maria dipuncak gunung Lakaan, juga anda bisa menikmati indahnya padang sabana Fulan Fehan.

 

Akomodasi

Sama seperti lokasi wisata Teluk Gurita, di sekitar lokasi Benteng Lapis 7 Makes pun belum disediakan tempat penginapan oleh sebab itu jika anda yang ingin menjelajahi lokasi wisata ini silakan memilih salah satu hotel yang ada di kota Atambua.

 

Kuliner

Ketika anda berada dilokasi benteng 7 lapis Makes, tidak disiapkan tempat untuk memperoleh makan. Yang ada di sekitar lokasi hanyalah makanan tradisional yang diperoleh dari hutan seperti Ubi hutan, kacang hutan yang sudah diproses hingga racunnya hilang. Jadi bagi anda yang hendak ke Benteng lapis 7 Makes diharapkan supaya membawah makanan sendiri.

 

Transportasi

Untuk menjelajahi lokasi wisata Benteng Lapis 7 Makes, anda dapat menggunakan jasa transportasi Ojek, Travel, atau mobil-mobil rental.

 

Belanja

Di sekitar lokasi wisata anda dapat membeli souvenir yang disiapkan seperti : Kain Adat, Tempat siri dari perak, anyaman,atau dari kayu cendana, tas dari tali gewang dan lain sebagainya.


Lainnya...

Hits: 2893

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today766
Yesterday900
This week6422
This month30575
Total790526
Saturday, 24 June 2017

Informasi Cuaca

Kupang