×

Warning

Failed loading XML file

Istana Teni Hawu di Seba Sabu

Published: Wednesday, 22 January 2014

Istana Teni Hawu (Seba) merupakan situs peninggalan sejarah Kejaraan Sabu yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Di Istana inilah pemerintahan Kerajaan Sabu dipusatkan dan dijalankan. Istana Teni Hawu dibangun pada masa Kolonial Belanda dengan Raja pertama bernama Samuel Djawa dan kemudian digantikan oleh adiknya yang bernama Paulus C. Djawa.

Di dalam Istana Teni Hawu masih terdapat berbagai dokumen dan peralatan yang dipakai oleh Raja untuk mepersatukan masyarakat Sabu. Demikian juga di bagian depan Istana terdapat 2 buah meriam yang masih utuh. Konon menurut cerita pihak istana bahwa kedua meriam tersebut merupakan meriam yang dijatuhkan tentara Jepang pada saat perang dunia kedua yang ditujukan untuk melumpuhkan kekuatan Raja. Namun meriam tersebut tidak bisa meledak karena adanya kekuatan majis yang melindungi istana tersebut.

Akomodasi

Lokasi Istana Teni Hawu berada tepat di dalam kota Seba, sehingga tidak sulit bagi pengunjung untuk mencapainya. Dengan menginap di penginapan di sekitar Kota Seba, maka dengan mudah kita bisa mengunjungi Istana Teni Hawu. Ada beberapa penginapan di Kota Seba yang cukup repersentatif, yakni Putri Tunggal, Makarim, Djo Naga, Ferry Robe. Jarak dari masing - masing penginapan ke lokasi Istana Teni Hawu hanya sekitar 1 kilo meter. Jika ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil maka membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Namun jika kita ingin lebih enjoy dan menikmati suasana Kota Seba, maka kita juga bisa berjalan kaki dari penginapan menuju Istana Teni Hawu. 

Aktivitas

Di Istana Teni Hawu, pengunjung bisa melihat - lihat berbagai peninggalan Raja Sabu, berupa dokumen-dokumen, foto-foto, peralatan perang, sumur, meriam, dan sebagainya. 

 

Kuliner

Ada beberapa warung yang representatif yang bisa kita kunjungi ketika kita berada di lokasi Istana Teni Hawu, yakni Bambu Lontar, Masakan Padang dan Lopo Indah.

 

Transportasi

Untuk mencapai lokasi wisata Istana Teni Hawu, cukup dengan berjalan kaki. Juga bisa dengan mengendarai sepeda motor atau mobil. Kita bisa meminjam/rental motor atau mobil milik masyarakat dengan harga yang cukup terjangkau, yakni untuk motor seharga 200.000/hari dan mobil seharga 500.000/hari.


Peninggalan Sejarah Lainnya di Sabu Raijua ...

Hits: 1903

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today15
Yesterday1392
This week4172
This month28252
Total948899
Thursday, 23 November 2017

Informasi Cuaca

Kupang