×

Warning

Failed loading XML file

Taji Ayam D'ab'a di Liae

Published: Wednesday, 22 January 2014

Taji Ayam (Pe'iu Manu) merupakan kegiatan adat rutin yang dilaksanakan setiap tahun di Sabu Raijua. Kegiatan Taji Ayam adat sesungguhnya bukanlah kegiatan judi. Namun merupakan kegiatan yang sakral dan kaya makna. Filosofi Taji Ayam adalah bahwa setiap darah ayam yang tumpah ke tanah, merupakan perlambang/simbol agar tidak boleh ada lagi darah anak manusia (keturunan Hawu Miha) yang tumpah ke tanah Sabu sebagai akibat konflik apapun.

Sehingga maknanya adalah bahwa sesama anak bangsa (sabu) dihimbau untuk tidak berkonflik yang berakibat pada pertumpahan darah. Hiduplah yang rukun dan damai seorang dengan yang lain di antara anak keturunan Hawu Miha. 

Aktivitas

Aktivitas yang bisa dilakukan adalah melihat atraksi taji ayam, memotret, menshooting

 

Akomodasi

Taji Ayam D'ab'a di Liae berlangsung pada bulan Maret/April setiap tahun. Kecamatan Liae berada di wilayah paling selatan dari Kabupaten Sabu Raijua. Jarak dari Kota Seba sekitar 20 kilo meter. Sehingga jika ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil, maka membutuhkan waktu tempuh selama 20 - 30 menit.

 

Kuliner

Tidak ada warung/restoran di sekitar lokasi wisata taji ayam D'ab'a Liae. Sehingga para pengunjung biasanya mempersiapkan bekal makanan/minuman dari rumah untuk di bawa ke lokasi. Atau juga bisa turun ke Seba untuk mencari makan di warung - warung di Kota Seba.

 

Transportasi

Lokasi Taji Ayam D'ab'a Liae bisa ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil. Kita bisa meminjam/rental motor atau mobil milik masyarakat dengan harga yang cukup terjangkau, yakni untuk motor seharga 200.000/hari dan mobil seharga 500.000/hari.


Bersiap mengadu...
Bersiap mengadu ayam Bersiap mengadu ayam
Menyaksikan taj...
Menyaksikan taji ayam Menyaksikan taji ayam
Peserta taji ay...
Peserta taji ayam Peserta taji ayam
Ayam aduan
Ayam aduan Ayam aduan

Lainnya...

Hits: 2302

Jajak Pendapat

Bagaimana website ini?

Menarik - 60.8%
Biasa saja - 15.8%
Buruk - 11.4%

Total votes: 158
The voting for this poll has ended on: December 31, 2014

Statistik web

Today1044
Yesterday1086
This week3467
This month15943
Total900747
Wednesday, 18 October 2017

Informasi Cuaca

Kupang